Thursday, October 30, 2014

Pengantar Akuntansi dan Bisnis

Akuntansi dan Kalkulator 1 kesatuan yang satu
Oke sobat blogger, sore ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Pengantar Akuntansi dan Bisnis.
Dimulai dari karakteristik Perusahaan. Pada umumnya perushaaan (businesss) adalah suatu organisasi di mana sumber daya (input), serta bahan baku dan tenaga kerja diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) bagi pelanggan. Tujuan dari kebanyakan perusahaan adalah adalah untuk memaksimumkan laba atau keuntungan. Laba sendiri adalah selisih antara jumlah yang diterima dari pelanggan atas barang atau jasa yang dihasilkan dengan jumlah yang dikeluarkan untuk membeli sumber daya alam dalam menghasilkan barang atau jasa tersebut. Dalam bentuk formula saya
gambar kan sebagai berikut : Uang yang diterima dari pelanggan - uang yang dikorbankan untuk menghasilkan barang atau saja. Singkatnya dalam akuntansi bisa digambarkan sebagai Pendapatan - Beban. Dan hasil dari pengurangnya itulah disebut laba (dengan catatan pendapatan lebih besar dari beban) sedangkan apa bila beban lebih besar dari pendapatan disebut Rugi.

Didalam Akuntasi ada 3 jenis perusahaan yang beroperasi untuk menghasilkan laba, yaitu : perusahaan manufaktur (manufacturing), perusahaan dagang (merchandising) dan perusahaan jasa (service).
  1. Perusahaan manufaktur (manufacturing business) adalah perusahaan yang merubah bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi yang kemudian dijual kepada masing-masing pelangga. Contoh dari perusahaan ini adalah Honda, Intel, Nike, Coca-cola, Dll.
  2. Perusahaan dagang (merchandising business) adalah perusahaan yang menjual kembali produk yang dibeli dari produsen tanpa mengolah/merubah barang tersebut kepada pelanggan.Contoh dari perusahaan ini adalah Carrefour, Kidz Station, Amazon.com, Dll.
  3. Perusahaan jasa (services business) adalah perusahaan yang hanya menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan. Contoh dari perusahaan ini adalah Telkomsel, Disney, Garuda  Indonesia, Dll.
Jenis - jenis Organisasi Perusahaaan
Pada umumnya, terdapat tiga bentuk perusahaan yaitu perusahaan perseorangan, persekutuan, dan korporasi (perseroan terbatas).
  1. Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki oleh perorangan. Keunggulan dari perusahaan ini adalah kemudahaan dalam pembentukkannya dan biaya pengelolaan yang rendah. Kelemahaannya adalah sumber daya keuangan yang terbatas pada harta pemilik perusahaan dan pengelolaan manajemen yang sulit.
  2. Persekutuan adalah perusahaan yang dibentuk oleh dua atau lebih individu yang mempunyai satu tujuan. Kelebihan dari perusahaan ini adalah kemampuan keuangan yang lebih baik dari Perusahaan Perseorangan dan juga adanya tambahan keahlian manajement. Kelemahan dari Perusahaan ini adalah adanya tanggung jawab yang tidak terbatas.
  3. Korporasi (Perseroan Terbatas) adalah perusahaan yang dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah, sebagai suatu baan hukum yang terpisah. Kepemilikan dalam korporasi (Persekutuan Terbatas) terbagi dalam lembar saham atau sero. Keunggulan dari Perusahaan ini adalah kemampuan untuk mendapatkan sejumlah besar daya dengan menerbitkan saham. Kelemahan dari Perusahaan ini adalah adanya double taxation (pajak ganda).
Strategi Bisnis
Strategi Bisnis adalah serangkaian rencana dan tindakan terintegrasi yang didesain bari perusahaan sebagai sarana untuk memperoleh keuntungan melebihi pesaingnya sekaligus untuk memaksimalkan laba. Dua stategi dasar perusahaan yang digunakan adalah strategi biaya rendah (low-cost strategy) dan strategi diferensial (differentiation strategy).

Rantai Nilai Sebuah Perusahaan
Rantai nilai (value chain) adalah cara yang dilakukan perusahaan unuk memberikan nilai tambah bagi pelanggannya mulai dari proses input sampai menjadi output dari sebuah produk barang atau jasa.

Persamaan Dasar Akuntansi
Pada intinya Persamaan dasar akuntansi dapat digambarkan dalam formula sebagai berikut :
Asset = Kewajiban + Ekuitas
Dari persamaan dasar ini dapat diketahui bahwa asset merupakan gabungan dari kewajiban ditambah dengan ekuitas pemilik perusahaan.

Demikian dulu penjelasan pengatar mengenai Pengantar Akuntansi dan Bisnis. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi sobat blogger semua. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan di comment artikelnya ya :)

Baca Juga : http://5-about.blogspot.com/2014/11/5-investasi-yang-paling-bagus-untuk.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...